Beranda Tentang Kami

Saturday, August 22, 2009

Aktifitas di Bulan Ramadhan

Setiap umat muslim yang beriman dan sudah baligh diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa karena ibadah puasa wajib hukumnya. Jika ibadah puasa dikerjakan makan akan mendapat pahala dari Allah dan jika tidak dijalankan makan akan mendapatkan siksaan dari Allah.

Saya yakin setiap muslim yang beriman dan sudah baligh ingin sekali mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan puasa yang penuh berkah dan ampunan ini.

Bulan ramadhan berbeda dengan bulan-bulan yang lainnya. Dimana perbedaanya? Perhatikan saja aktifitas-aktifitas yang dilakukan di bulan Ramadhan, contohnya seperti sahur, tarawih, buka puasa, tadarrus, dan lain-lain.

Diluar bulan Ramadhan, kita tidak pernah melakukan aktifitas bangun di pagi buta untuk melakukan sahur kecuali sedang menjalankan ibadah puasa sunnah. Salat tarawih hanya dilakukan di setiap malam di bulan Ramadhan. Kalau tadarrus sih sudah umum dilakukan setiap hari oleh seorang muslim, namun di bulan Ramadhan frekuensinya mungkin lebih banyak jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Aktifitas bekerja di bulan ramadhan juga dikurangi agar dapat mencapai kesempurnaan ibadah puasa. Saya belum tahu pasti apa yang disebut dengan kesempurnaan ibadah puasa, namun setidaknya saya berusaha bagaimana caranya untuk mengisi bulan puasa dengan aktifitas yang mampu mendekatkan hubungan kita kepada Allah SWT.

Saya bukanlah seorang ustadz atau orang yang ahli di bidang keagamaan. Yang saya tahu dan saya laksanakan hanyalah memperbanyak amalan-amalan salih di bulan puasa ramadhan. Rasanya percuma jika saya hanya mendapatkan rasa lapar dan dahaga serta kehilangan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Aktifitas lain yang cuma ada di bulan ramadhan adalah NGABUBURIT. Saya belum tahu pasti pengertian NGABUBURIT itu sendiri, apakah itu sebuah kata keterangan waktu maupun kata kerja. Apakah ada yang tahu pengertian NGABUBURIT? Jika ada yang tahu tolong jelaskan kepada saya melalui kotak komentar dibawah.

Bicara soal kotak komentar, saya jadi inget sama aktifitas Blogwalking. Kalau yang satu ini, anda pasti sudah tahu apa itu Blogwalking. Ya, Blogwalking adalah akrifitas jalan-jalan mengunjungi blog-blog orang lain sambile meninggalkan komentar dan berharap akan ada kunjungan balik dari pemilik blog yang dikomentari. Saya sering ber-blogwalking ria untuk meningkatkan alexa rank blog saya.

Bagi saya pribadi, blogwalking adalah aktifitas yang sangat menyenangkan apalagai kalau di kerjakan di bulan puasa. Saya jadi bisa melupakan rasa haus dan dahaga pada saat puasa. Bagaimana menurut anda? Apakah blogwalking menyenangkan dilakukan di bulan puasa?

Artikel terkait yang mungkin anda sukai



2 comments:

  1. hmmm....menurut saya..blogwalking menyenangkan di bulan puasa, tapi jangan sehari blogwalking ya..hehe...justru di bulan puasa hendaknya diperbanyak aktifitas bersama Allah, sperti tilawah AlQur'an, mengikuti kajian,dll yang bisa menambah kedekatan sama Allah. blogwalking juga tetap dilakukan, cuma porsinya sedikit dikurangi, biar tawadzun (seimbang) :)...^_^

    ReplyDelete
  2. iza sih.. di bulan ramadhan kali ini kita perlu mengurangi aktifitas blogwalking agar kita bisa lebih foklus buat beribadah mencari pahala dan keridoan Allah.

    Trimakasih mbak..

    ReplyDelete